Jump to content

Nunhah

Members
  • Content Count

    11
  • Joined

  • Last visited

  • Days Won

    1

Nunhah last won the day on October 5

Nunhah had the most liked content!

Community Reputation

1 Neutral
  1. Saya pernah mendengar dari kawan-kawab bahwa ada 7 sifat Allah yang ada pada manusia. Yakni, qudrat (mampu melakukan sesuatu), iradat (berkehendak), 'ilmu (mengetahui), hayat (hidup), sama' (mendengar), basar (melihat), kalam (berbicara). Bukankah sifat-sifat Allah tersebut juga ada pada diri manusia?
  2. Saya sering mendengar bahwa Wahabi sesat. Namun, saya belum tahu ajaran Wahabi yang bertentangan dengan Aswaja itu yang mana?
  3. Kita sudah biasa membahas pluralisme agama, yang tentunya tidak saya setujui. Namun, bagaimana dengan pluralisme budaya. Kalau ada, pluralitas budaya bangsa sebaiknya disikapi dengan bagaimana?
  4. Saya ingin tahu seputar toleransi lebih lanjut, mungkin bisa Anda sebutkan hadis yang menjelaskan pentingnya perilaku toleransi!
  5. Saya sering mendengar seseorang berucap lahaula wala quwata illa billahil aliyil adzim. Namun, saya masih belum paham lahaula wala quwata illa billahil aliyil adzim artinya apa. Juga, penempatan yang benar saat mengucapkan lahaula wala quwwata illa billahil aliyil adzim ketika apa?
  6. Karena saya memang orang yang paling sering belajar dan diskusi seputar filsafat ketuhanan, maka saya akan tertarik untuk menjawab pertanyaan ini. Salah-satu nama llah adalah al-Awwal. Namun, di lain sisi Allah memiliki sifat Qidam yang memiliki arti la awwala la-Hu. Nah, dengan begitu apakah Allah memiliki awal? Tidak! Allah tidak berawal dan mendahului semua makhluknya. Untuk itu, Allah adalah zat yang mendahului semua makhluknya yang berarti Allah tidak berawal. Karena itulah Allah ada sebelum keberadaan segala sesuatu selain-Nya. Dan selain-Nya adalah ciptaan-Nya.
  7. Ketika negara memberi keputusan, untuk mensejahterakan rakyat. Ketika guru mendidik, untuk mencerdaskan bangsa. Ketika tasawuf menekankan akhlak, supaya hati bersih. Lantas, bagaimana dengan aqidah? Sebenarnya, aqidah Islam membimbing umatnya agar bagaimana, sih?
  8. Karena akal kita terbatas, sedangkan Allah Maha Sempurna; kesempurnaan-Nya tidak terbatas.
  9. Saya memiliki sebuah pertanyaan: bagaimana cara menafsirkan sifat Allah wahdaniyah berdasarkan dalil naqli dan dalil aqli?
×
×
  • Create New...