Jump to content

allah bisa melihat makhluk terkecil di alam semesta ini karena allah memiliki sifat apa?


Recommended Posts

Allah bisa melihat makhluk terkecil di alam semesta ini karena Allah memiliki sifat bashar (melihat). Dengan begitu, Allah SWT bashiran (Dzat Yang Maha Melihat). Sesuai dengan ayat:

لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

“Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.”

(QS. asy-Syura [42]:12)

Dalam ayat tersebut ditegaskn bahwa Allah tidak serupa dengan apapun. Begitu pula dengan pengelihatannya. Allah melihat tanpa kelopak mata. Karena kalau menggunakan kelopak mata, tidak ada bedanya dengan selain Allah. Begitu pula pengelihatan Allah tidak terbatas; Allah melihat kepada segala sesuatu yang ada (maujudat). 

Karena pengelihatan Allah tidak terbatas, tidak ada bedanya bagi Allah antara melihat yang jauh dengan yang dekat. Tidak ada bedanya bagi Allah antara besar dan kecil. Karena itulah, Allah bisa melihat makhluk terkecil di alam semesta ini karena Allah memiliki sifat bashar yang berbeda dengan pengelihatannya makhluk. 
 

  • Like 2
  • Syukran 1
Link to post
Share on other sites

Untuk referensi, saya mengambil dari kitab Ihya'-Ulumiddin dalam bab Qawa'idul-'Aqaid. Imam al-Ghazali mengatakan:

وَأَنه تَعَالَى سميع بَصِير يسمع وَيرى لَا يعزب عَن سَمعه مسموع وَإِن خَفِي وَلَا يغيب عَن رُؤْيَته مرئي وَإِن دق وَلَا يحجب سَمعه بُعد وَلَا يدْفع رُؤْيَته ظلام يرى من غير حدقة وأجفان وَيسمع من غير أَصْمِخَة وآذان كَمَا يعلم بِغَيْر قلب ويبطش بِغَيْر جارحة ويخلق بِغَيْر آلَة إِذْ لَا تشبه صِفَاته صِفَات الْخلق كَمَا لَا تشبه ذَاته ذَوَات الْخلق

"Allah Maha Mendengar dan Maha Melihat. Allah mendengar dan melihat tanpa satu pun terlepas dari pendengarannya, meski pun samar. Juga, tidak samar dari pengelihatannya, meskipun runcing (kecil). Pendengaran-Nya tidak tertutup oleh kejauhan, dan pengelihatan-Nya tidak terhalang kegelapan. Allah melihat tanpa kelopak mata, dan mendengar tanpa telinga, layaknya Allah mengetahui tanpa hati dan mengerjakan tanpa anggota badan, dan menciptakan tanpa alat. Karena sifat Allah tidak menyerupai makhluk, sebagaimana zat-Nya tidak menyamai zat makhluk."

  • Like 2
  • Syukran 1
Link to post
Share on other sites

Nimbrung dalam diskusi

Anda dapat memposting sekarang dan mendaftar nanti. Jika Anda memiliki akun, masuk sekarang untuk mengepos dengan akun Anda.

Guest
Balas topik ini ...

×   Pasted as rich text.   Paste as plain text instead

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.



×
×
  • Create New...