Jump to content

Tawasul untuk benda pusaka, bolehkah?


Recommended Posts

Jika yang kamu maksud adalah benda pusaka peninggalan orang saleh, maka hal itu memang sudah biasa sejak zaman dahulu. Hal tersebut bukanlah bidah yang mungkar. Semisal hadis berikut ini:

Quote

حَدَّثَنِي أَبُو كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ حَدَّثَنَا بُرَيْدٌ عَنْ أَبِي بُرْدَةَ قَالَ قَدِمْتُ الْمَدِينَةَ فَلَقِيَنِي عَبْدُ اللهِ بْنُ سَلَامٍ فَقَالَ لِي انْطَلِقْ إِلَى الْمَنْزِلِ فَأَسْقِيَكَ فِي قَدَحٍ شَرِبَ فِيهِ رَسُولُ اللهِ وَتُصَلِّي فِي مَسْجِدٍ صَلَّى فِيهِ النَّبِيُّ فَانْطَلَقْتُ مَعَهُ فَسَقَانِي (فَأَسْقَانِي) سَوِيقًا وَأَطْعَمَنِي تَمْرًا وَصَلَّيْتُ فِي مَسْجِدِهِ

Artinya: “Menceritakan kepadaku Abu Kuraib, menceritakan kepadaku Abu Usamah, menceritakan kepadaku Buraid dari Abu Burdah, ia berkata: “Saya datang ke Madinah, lalu aku bertemu dengan Abdullah bin Salam. Ia berkata kepadaku: “Berkunjunglah ke rumahku, maka aku akan memberimu minuman dari wadah yang pernah digunakan oleh Nabi saw. untuk minum dan shalat di Masjid yang pernah dishalati oleh Nabi. Maka, aku pergi bersamanya, lalu ia pun memberi minum padaku lantas aku meminumnya, memberiku kurma, dan aku shalat di Masjidnya.”

Untuk lebih lengkapnya, saya pernah menulis terkait hal semacam itu di Mustaqim.NET. Anda dapat membaca artikel berikut ini:

  1. Tidak Syirik, Menjadikan Keris Sebagi Azimat
  2. Tidak Syirik; Memiliki Azimat dan Makhluk Ghaib
Link to post
Share on other sites

Nimbrung dalam diskusi

Anda dapat memposting sekarang dan mendaftar nanti. Jika Anda memiliki akun, masuk sekarang untuk mengepos dengan akun Anda.

Guest
Balas topik ini ...

×   Pasted as rich text.   Paste as plain text instead

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

×
×
  • Create New...