Jump to content

Bagaimana Cara Shalat Istikharah?


Recommended Posts

Salat istikharah merupakan media PDKT kepada Allah (taqrrub ilal-lah). Tujuannya, meminta petunjuk atas hajat masa mendatang. Segala sesuatu yang membutuhkan pertimbangan itu, sunnah salat istikharah terlebih dahulu. Karena hanya Allah yang bisa tahu pilihan paling tepat kepada kita.

Karena sesuatu yang kita sukai belum tentu terbaik untuk kita. Setelah istikharah seorang tidak tentu kalau mendapat petunjuk lewat mimpi, kadang oleh Allah tidak diberi mimpi akan tetapi jalan untuk menuju ke hal yang kita istikharah menjadi sangat mudah (berarti itu jodoh), adakalanya diberi jalan yang sulit bahkan selalu gagal (berarti bukan jodoh).

- Riyadhus sholihin :

باب الاستِخارة والمشاورة:

قَالَ الله تَعَالَى: {وَشَاوِرْهُمْ فِي الأَمْرِ} [آل عمران: 159]، وقال تَعَالَى: {وَأَمْرُهُمْ شُورَى بَيْنَهُمْ} [الشورى: 38] أيْ: يَتَشَاوَرُونَ فِيهِ. الاستخارة: سؤال خير الأمرين من الله تعالى. وفي المشاورة تطييب لقلوب الأصحاب، واستظهار رأي قد يخفى.

- Fathul Baari :

وهي : طلب الخيرة في شيء ، وهي استفعال من الخير أو من الخيرة – بكسر أوله وفتح ثانيه ، بوزن العنبة ، واسم من قولك خار الله له ، واستخار الله : طلب منه الخيرة ، وخار الله له : أعطاه ما هو خير له ، والمراد : طلب خير الأمرين لمن احتاج إلى أحدهما .(ابن حجر : فتح الباري في شرح صحيح البخاري)

Referensi lain dalam :

المجموع شرح المهذب (4 /54

اللباب في الفقه الشافعي (1 / 148

Link to post
Share on other sites

Izin saya ikut nimbrung.

Nabi Muhammad dalam sebuah hadis bersabda

مَا خَـــــــابَ مَنْ اِسْــــتَــــخَارَ وَلَا نَدَمَ مَنْ اِسْتَشَارَ وَلَا عَالَ مَنْ اِقْتَصَدَ.

Orang yang selalu melaksanakan salat istikharah, maka tidak akan kecewa. Orang yang selalu bermusyawarah tidak akan menyesal. Orang yang hemat tidak akan mengalami kekurangan dalam kehidupannya. (Hadits diriwayatkan oleh: Sahabat Anas bin Malik RA)

Disebutkan dalam kitab Ihya’ Ulumuddin bahwa sebagian dari orang ahli hikmah berkata:

مَنْ أُعْطِيَ أَرْبَعًا لَمْ يُمْنَعْ أَرْبَعًا مَنْ أُعْطِيَ الشُّكْـــــرَ لَــــــمْ يُمْنَعِ الْمَزِيْدَ وَمَنْ أُعْــــــطِيَ التَّوْبَــــةَ لَمْ يُمْــــنَعِ الْقَبُوْلُ وَمَنْ أُعْطِيَ الْاِسْتِخَارَةَ لَمْ يُمْنَعِ الْخَيْرَ وَمَنْ أُعْطِيَ الْمَشُوْرَةَ لَمْ يُمْنَعِ الصَّوَابَ.

 

Barang siapa yang diberi taufiq dan hidayah untuk bisa melakukan empat perkara maka dipastikan dia akan di anugerahi oleh Allah SWT empat perkara:

1.Pertama, barang siapa yang telah diberi taufiq dan hidayah bisa bersyukur kepada Allah SWT, maka akan dipastikan untuk ditambah nikmatnya.

2.Kedua, barang siapa yang telah diberi taufiq dan hidayah bisa bertaubat kepada Allah SWT, maka akan dipastikan untuk diterima taubatnya.

3.Ketiga, barang siapa yang telah diberi taufiq dan hidayah untuk bisa melakukan salat istikharah kepada Allah SWT, pasti akan mendapatkan yang terbaik baginya.

4.Keempat, barang siapa yang telah diberi taufiq dan hidayah untuk bermusyawaroh dalam berbagai macam urusannya maka dipastikan akan berhasil sesuai tujuannya.

Rasulullah bersabda:

مِنْ سَعَادَةِ ابْنِ آدَمَ اِسْتَخَارَتُهُ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ.

Sebagian dari tanda-tanda keberun-tungannya anak Adam adalah permohonannya dia kepada Allah SWT untuk dipilihkan yang terbaik dengan melaksanakn salat istikharah. (Hadits diriwayatkan oleh sahabat Sa’d bin abi Waqos RA).

Link to post
Share on other sites

Nimbrung dalam diskusi

Anda dapat memposting sekarang dan mendaftar nanti. Jika Anda memiliki akun, masuk sekarang untuk mengepos dengan akun Anda.

Guest
Balas topik ini ...

×   Pasted as rich text.   Paste as plain text instead

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

×
×
  • Create New...